Kamis, 19 Sep 2024
Pemerintah

Rudy Susmanto, Kualitas Pembangunan Juga Harus Menjadi Prioritas Utama

BOGOR, Centralnews24  – DPRD Kabupaten Bogorbersama Pemkab Bogor menggelar rapat paripurna terkait penyampaian realisasi semester I APBD 2024. ( 10/07/2024 )

Dalam pemaparannya Ketua DPRD Kabupaten Bogor, Rudy Susmanto, mengingatkan Pemerintah Kabupaten Bogor untuk memastikan realisasi serapan anggaran sejalan dengan pelaksanaan pekerjaan di lapangan.

“Anggaran yang sudah dialokasikan harus benar-benar dirasakan manfaatnya oleh masyarakat. Jangan sampai anggaran terserap, tetapi pekerjaan di lapangan minim,” ujar Rudy Susmanto.

Ketua DPRD Kabupaten Bogor menambahkan, pentingnya efisiensi dan transparansi dalam penggunaan setiap rupiah anggaran negara.

Selain itu, tegas Rudy, kualitas pembangunan juga harus menjadi prioritas utama.

Sementara Pj Bupati Bogor, Asmawa Tosepu, mengakui masih banyak yang perlu ditingkatkan, terutama dalam realisasi belanja daerah.

Menurut Asmawa, hingga akhir 30 Juni 2024, realisasi belanja daerah baru mencapai sekitar 35,86 persen atau Rp3,99 triliun dari total alokasi anggaran belanja sebesar Rp11,14 triliun.

“Ini belum ideal, karena sebagian besar program kegiatan, terutama pekerjaan konstruksi, masih berjalan,” pungkasnya.

Sehingga penyerapan anggaran mungkin baru sebatas uang muka. Namun, progres ini akan terus dilakukan evaluasi.

Untuk sektor pendapatan daerah, dalam periode enam bulan pertama tahun 2024, realisasi pendapatan mencapai 48,67 persen atau Rp4,92 triliun.

Pendapatan ini terdiri dari pendapatan asli daerah (PAD) sebesar Rp1,86 triliun, pendapatan transfer sebesar Rp3,03 triliun, dan pendapatan lain-lain yang sah sebesar Rp35,12 miliar.

“Dalam Sidang Paripurna tadi, kami juga menyampaikan prognosis capaian target penggunaan APBD untuk enam bulan berikutnya,” katanya.( Bule )



Baca Juga