Minggu, 3 Mar 2024
Nasional

Bupati Iwan Setiawan Ingatkan Kades Harus Jaga Demokrasi

CIAWI-Bupati Bogor, Iwan Setiawan melantik Kepala Desa (Kades) Citapen masa bakti tahun 2023-2025, Devi Yulianti, di Aula Kantor Kecamatan Ciawi, Senin (16/10). Pada kesempatan tersebut Iwan Setiawan mengingatkan, kades harus menjaga demokrasi di wilayahnya masing-masing.

 

Pelantikan Kepala Desa Citapen Kecamatan Ciawi tersebut hasil dari Pemilihan Kepala Desa Antar Waktu. Hadir mendampingi Bupati Bogor, Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat (Aspemkesra), Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD), Camat Ciawi, jajaran Forkopimcam dan Kepala Desa se-Kecamatan Ciawi, Ketua BPD, Ketua Panitia PAW, serta tokoh masyarakat setempat.

 

Bupati Bogor, Iwan Setiawan mengungkapkan, kepala desa yang hari ini dilantik tadi sudah disumpah, yang pertama untuk menjaga NKRI dan ideologi Pancasila. Selanjutnya ia menekankan agar kades menjaga demokrasi di wilayahnya. Terlebih menjelang suksesi Pemilu dan Pilkada tahun 2024, yang dinamikanya sudah terlihat dari sekarang.

 

“Kades harus terdepan menjaga demokrasi, memfasilitasi, merangkul, membina, mengayomi seluruh peserta pesta demokrasi. Pelayanannya harus sama kepada seluruh peserta Pemilu dan Pilkada, tidak boleh membeda-bedakan atau pilih kasih, dengan tetap berpedoman pada rambu-rambu aturan yang berlaku, agar tidak ada kegaduhan,” ungkap Iwan Setiawan.

 

Iwan juga menegaskan, layani seluruh warga Desa Citapen dengan baik, jadilah negarawan, rangkul seluruh warga desa rekatkan kembali masyarakat yang terpolarisasi. Karena sifat negarawan adalah mampu merangkul seluruh pihak baik yang mendukung maupun tidak mendukung pada saat pemilihan Kepala Desa yang lalu.

 

“Berikutnya, saya juga titip program Samisade harus berjalan dengan baik untuk membangun infrastruktur desa. Kelola anggaran desa dengan baik, profesional, dan transparan,” tandas Iwan Setiawan.

 

Bupati Iwan mengucapkan selamat Kades Citapen yang sudah dilantik, semoga dapat melaksanakan tugas dengan amanah, menjalankan pemerintahan desa dengan baik, memberdayakan, membangun serta membina masyarakat agar semakin maju mandiri dan sejahtera. Ia juga meminta seluruh pihak untuk mendukung agar Desa Citapen lebih maju.( Bule )



Baca Juga