Rabu, 17 Apr 2024
Pendidikan

Ratusan pelajar SMA dan SMK mengikuti Acara Indonesian Student Development 2024

BOGOR, Centralnews24//Dewan Pimpinan Daerah Komite Nasional Pemuda Indonesia (DPD KNPI) Kabupaten Bogor bekerjasama dengan Sahabat Inti Pemimpin (SIP) Foundation menggelar kegiatan bertema “Akselerasi Diri Membangun Negeri” di Gedung Tegar Beriman Cibinong, Kamis (29/2/2024). Kegiatan yang dihadiri ratusan pelajar SMA dan SMK itu bertujuan untuk membekali pelajar dengan informasi seputar perkembangan zaman yang semakin modern. 

Ketua Umum DPD KNPI Wahyudi Chaniago mengungkapkan, selain untuk membekali peserta seminar tentang perkembangan zaman. Kegiatan ini juga memberikan informasi terkait keorganisasian dan juga kehidupan bersosialisasi di masyarakat.

“Acara ini bertujuan untuk memberi wawasan untuk para siswa dan juga guru terkait wawasan perkembangan zaman, organisasi, juga kehidupan,” ucap Wahyudi. 

Wahyudi berharap, dari adanya kegiatan Indonesian Student Development ini akan sangat luar biasa untuk para peserta karena informasi yang pasti mampu menambah referensi seputar program kepemudaan kedepannya. 

“Dampak positifnya akan sangat luar biasa bagi para peserta. Karena bisa menambah referensi mereka tentang apa yang terjadi pada hari ini, dan setidaknya informasi itu sampai pada rekan-rekan peserta untuk memahami informasi kedepannya yang tentunya berkaitan dengan kepemudaan. Apalagi, karena peserta yang hadir pada hari ini adalah para siswa, mahasiswa dan juga guru,” harap Wahyudi.

Lebih lanjut, Wahyudi pun mengatakan tidak menutup kemungkinan kegiatan seperti ini untuk kembali diadakan dan berkesinambungan.

“Diharapkan ini bukan acara perdana, pertama, dan terakhir tetapi ini adalah kegiatan yang akan kita lakukan rutin. Siapapun organisasi ataupun lembaga yang ingin bekerja sama dengan KNPI kami siap berkolaborasi untuk pembangunan pemuda,” katanya. 

“Kami juga berencana untuk melaksanakan program sekolah kepemimpinan pemuda, yang bertujuan membentuk dan melahirkan intelektual-intelektual muda bisa menjadi garda terdepan majunya Indonesia khususnya Kabupaten Bogor,” tambahnya.

Di tempat yang sama, Founder SIP Manajement Karvin Fadila mengatakan, bahwa target audiens dari Indonesian Student Development 2024 ini adalah para guru dan siswa, agar mempunyai cara berpikir yang sefrekuensi. 

“Untuk acara hari ini kami menargetkan untuk para guru dan juga siswa agar cara berpikir antara guru pendamping dan juga siswanya sama,” ujar Karvin. 

Acara ini dihadiri oleh sekolah-sekolah yang berasal dari 40 kecamatan yang dominan berada di Kabupaten Bogor, tetapi terdapat juga yang berasal dari Kota Bogor dan Kota Depok.

Sementara Alma, salah satu peserta yang mengikuti Indonesian Student Development menyebutkan senang mengikuti acara ini karena mendapatkan banyak pelajaran dari para pengisi materi karena berkaitan dengan organisasi dan juga sekolah. 

“Senang banget dapet pelajaran yang banyak dari pemateri, karena materi yang disampaikan sangat relate dengan peserta tentang organisasi maupun sekolah,” ujar Alma selaku peserta acara tersebut. 

Dalam seminar Indonesian Student Development 2024 itu juga menghadirkan Robby Firliandoko, M. Si (Community Development & Dosen Sains Komunikasi FISIP Universitas Djuanda), Laila Nihayati, S.Th.I., M. Si (Founder Yayasan Harapan Pemuda Indonesia), dan Karvin Fadila, S.H., M.M (Founder & Chairman at SIP Management) yang bertindak sebagai pembicara dan pengisi materi.( Cb )



Baca Juga