Minggu, 3 Mar 2024
Nasional

Srikandi Gibas Umaroh Mengucapkan Terima Kasih kepada Dinas UMKM dan Koperasi Kabupaten Bogor dalam Meningkatkan Kapasitas Koperasi melalui Pelatihan

Cibinong, 23 Desember 2023 – Umaroh Srikandi Gibas Resort Kabupaten Bogor mengadakan pelatihan koperasi yang bertujuan untuk meningkatkan kapasitas usaha dan kelembagaan bagi pengurus koperasi di Cibinong dan sekitarnya. Kegiatan ini merupakan bagian integral dari Program Pendidikan dan Latihan Perkoperasian yang diinisiasi oleh Srikandi Gibas Resort Kabupaten Bogor, dengan nama “Umaroh.”

Pelatihan berlangsung di Ruang Aula UMKM dan Dinas Koperasi Kabupaten Bogor pada Jumat, 23 Desember 2023, dengan durasi satu hari, dimulai dari pukul 9:00 hingga 11:00. Acara dihadiri oleh 50 peserta yang aktif terlibat dalam kegiatan yang juga melibatkan perwakilan bidang pembinaan, Bapak Juanda dan Bapak Zulkarnain, sebagai narasumber.

Materi pelatihan melibatkan berbagai aspek penting dalam manajemen koperasi, mencakup:

Strategi Penghimpunan Dana
Evaluasi Penerapan Prinsip-prinsip Organisasi & Manajemen Koperasi Simpan Pinjam
Strategi Pengelolaan Dana
Penanganan Pinjaman Bermasalah
Pajak Koperasi
Modal dari Anggota untuk Anggota
Narasumber Zulkarnain dalam paparannya menjelaskan jenis-jenis koperasi, baik PT maupun perorangan, dan menekankan pentingnya keberadaan badan usaha yang memiliki Surat Keputusan Koperasi dari Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham).

Selain itu, Zulkarnain juga memaparkan lima aspek usaha koperasi, termasuk konsumen, modal (simpan pokok) dan simpanan wajib, modal pihak ke-3 dari lembaga pembiayaan pinjaman, hibah, dan perlunya perbedaan dalam penamaan koperasi.

Dalam diskusi, Zulkarnain menyoroti pentingnya rapat koperasi dan menjelaskan dua jenis rapat, yaitu Rapat Koperasi Luar Biasa dan sesuai dengan UUD 25, di mana kekuasaan tertinggi berada di tangan anggota.

Antusiasme masyarakat dari kelurahan Cibinong, Pabuaran, Pakansari, dan Nangewer Mekar terlihat sangat positif. Drs. Sigit Murjati M.M., RW 09, menegaskan perlunya pembentukan koperasi untuk menghindari risiko dari lembaga keuangan yang tidak terpercaya.

Pendapat senada juga datang dari Ketua LPM Pabuaran, Suherman, yang memberikan dukungan penuh terhadap pelatihan koperasi. Suherman memberikan apresiasi kepada Gibas Kabupaten Bogor, di bawah pimpinan Ir. Heri Darmawan dan Srikandi Bu Umaroh, yang siap mendampingi dan mengawal perkembangan ekonomi masyarakat melalui koperasi.

Diharapkan bahwa pengetahuan yang diperoleh para pengurus koperasi di Cibinong dan sekitarnya dari pelatihan ini dapat diimplementasikan dengan baik. Umaroh Srikandi Gibas Resort Kabupaten Bogor tetap berkomitmen untuk terus mendukung perkembangan koperasi sebagai salah satu pilar ekonomi masyarakat setempat. Terima kasih juga kepada Dinas UMKM dan Koperasi Kabupaten Bogor atas dukungan dalam upaya meningkatkan kapasitas koperasi di wilayah ini.( red )



Baca Juga