Rabu, 17 Apr 2024
EkonomiHiburanNasionalPolitik

Sandiaga Sebut 2 Investor Tertarik Bangun Hotel di Danau Toba

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno menyebut sudah ada dua investor besar yang tertarik membangun hotel bintang 5 di kawasan Danau Toba. Saat ini, fasilitas penginapan hotel bintang 5 memang belum tersedia di kawasan wisata tersebut.

“Sudah menghubungi kami dan saat ini sedang kami tindak lanjuti,” ujar Sandiaga ketika ditemui di Kantor Kemenparekraf, Senin, 13 Maret 2023. “Satu (calon investor) dari China dan satu lagi dari dalam negeri,” imbuhnya.

Sandiaga menjelaskan, ketertarikan itu disampaikan ketika dia melakukan kunjungan kerja ke Hong Kong. “Danau Toba memang menjadi salah satu destinasi yang kami tawarkan untuk para investor,” ucapnya. 

Rencananya, pembangunan hotel tersebut akan dilakukan di Balige. Namun karena keterbatasan lahan, Sandiaga mengatakan, pembangunan mengarah ke wilayah Kaldera yang jarak tempuhnya kurang lebih 45 menit dari Balige. 

Sebelumnya, Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan melarang pembangunan hotel bintang tiga di Danau Toba. Sandiaga menjelaskan, larangan tersebut disampaikan karena sudah ada sejumlah homestay dan hotel setara bintang 3 yang beroperasi di kawasan tersebut. 

Karena itu, kawasan Danau Toba membutuhkan akomodasi  yang lebih dari itu. “Apalagi kami ingin menggagas beberapa event berskala internasional. Hotel bintang lima menjadi keharusan,” kata Sandiaga, Senin, 27 Februari 2023. 

sumber: https://bisnis.tempo.co/read/1702349/sandiaga-sebut-dua-investor-besar-tertarik-bangun-hotel-bintang-5-di-danau-toba



Baca Juga