Sabtu, 15 Jun 2024
Nasional

Pemkab Bogor Luncurkan Aplikasi Ekabo Permudah Wisatawan Eksplorasi Kabupaten Bogor

 
Mewakili Bupati Bogor, Sekretaris Daerah (Sekda), Burhanudin melakukan peluncuran aplikasi Ekabo di Darmawan Park, Babakan Madang, Rabu (13/12). Hadir mendampingi Sekda, Asisten Perekonomian dan Pembangunan, Staf Ahli, Plt. Kepala Disbudpar. Turut hadir, perwakilan Forkopimda, Himpunan Pelaku Pariwisata, dan Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) Kabupaten Bogor.
 
Sekretaris Daerah Kabupaten Bogor, Burhanudin mengungkapkan, Kabupaten Bogor sangat kaya potensi wisata, baik itu wisata alam, wisata buatan, wisata budaya dan peninggalan, serta wisata minat khusus. Sesuai tagline “Sport & Tourism”, pariwisata menjadi sektor unggulan Kabupaten Bogor yang diharapkan dapat mendorong pertumbuhan perekonomian daerah lebih cepat.
 
“Hari ini saya mewakili Bupati Bogor meluncurkan aplikasi Ekabo, yakni aplikasi yang terkait pengembangan, peningkatan promosi dan informasi objek wisata yang ada di Kabupaten Bogor. Baik wisata alam, budaya, buatan, maupun wisata minat khusus, dan lain sebagainya, karena kami punya semua itu,” ungkap Burhanudin.
 
Ia menambahkan, Pemerintah Kabupaten Bogor terus berupaya mendorong elaborasi pariwisata dan ekraf sejalan dengan konsep pariwisata 5A yakni, accommodation, accessibility, amenity, attraction and activity agar budaya, industri pariwisata, UMKM dan ekonomi kreatif bisa sama-sama berkembang.
 
“Potensi pariwisata di Kabupaten Bogor harus dipromosikan secara massif agar mampu menarik lebih banyak wisatawan demi menggerakkan industri pariwisata dan perekonomian di Kabupaten Bogor,” katanya.
 
Burhanudin mengapresiasi terobosan Disbudpar meluncurkan aplikasi Ekabo. Semoga dengan adanya aplikasi Ekabo ini, bisa menarik lebih banyak wisatawan dan semakin menggairahkan pariwisata di Kabupaten Bogor. Disbudpar harus memantau efektifitas aplikasi ini agar selalu update dengan fitur-fitur yang menarik, agar dapat berfungsi optimal sebagai sarana promosi digital pariwisata Kabupaten Bogor.
 
Plt. Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Bogor, Budi Cahyadi Wiryadi menjelaskan, di era digitalisasi ini, kemudahan pelayanan informasi pariwisata, budaya, dan ekonomi kreatif adalah suatu tuntutan bagi pemenuhan informasi yang diperlukan oleh masyarakat khususnya calon wisatawan yang akan berkunjung ke Kabupaten Bogor.
 
“Era digitalisasi sekarang begitu banyak aplikasi yang memberikan kemudahan bagi kita khususnya calon wisatawan yang akan berpergian ke wilayah Kabupaten Bogor. Baik dalam rangka liburan, bisnis, atau berolahraga,” jelas Budi.
 
Budi mengatakan, hal ini lah yang mendasari Disbudpar membuat aplikasi Eksplorasi Kabupaten Bogor (Ekoba) yang memuat konten budaya, daya tarik wisata, akomodasi, kuliner, belanja, ekonomi kreatif, event, dan daya tarik wisata yang sedang trending. Berbagai event yang dilaksanakan di Kabupaten Bogor diantaranya Bogor Overland Series, Festival Gantole dan Paralayang, Jelajah Bogor dan lain sebagainya.
 
“Dengan adanya aplikasi ini diharapkan perjalanan para wisatawan ini akan lebih praktis, karena tidak perlu mengakses beberapa aplikasi,” kata Budi.
 
Budi melanjutkan, saat ini aplikasi Ekabo memuat 1.783 lokasi wisata yang tersebar dan akan terus akan kami perbaharui sesuai dengan perkembangan yang ada. Dan hanya dengan mengunduh satu aplikasi Ekabo, akan muncul dashboard yang memenuhi kebutuhan informasi wisatawan.( Red )


Baca Juga