Sabtu, 15 Jun 2024
Nasional

Pemkab Bogor Dukung IPARI Jadi Garda Terdepan Dalam Pembangunan, Pembinaan dan Pemberdayaan Umat

CIBINONG-Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bogor mendukung Ikatan Penyuluh Agama Republik Indonesia (IPARI) menjadi garda terdepan dalam pembangunan, pembinaan dan pemberdayaan umat dengan pintu dan bahasa agama. Pemkab Bogor juga berharap IPARI jadi wadah aspirasi dan peningkatan kompetensi para penyuluh lintas agama.

 
Hal ini diungkapkan Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Bakesbangpol) saat mewakili Bupati Bogor pada pelantikan Pengurus IPARI Kabupaten Bogor Periode 2023-2027, di Gedung Tegar Beriman, Cibinong, Rabu (25/10). Jajaran pengurus IPARI Kabupaten Bogor periode 2023-2027 dilantik oleh Kepala Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Bogor, Syukri Ahmad Fanani.
 
Hadir pada kesempatan tersebut, perwakilan Forkompinda, Kepala Kantor Kemenag Kabupaten Bogor, Ketua Baznas, Kepala Bakesbangpol Kabupaten Bogor, dan para kepala perangkat daerah, beserta jajaran penyuluh agama.
 
Mewakili Bupati Bogor, Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Bakesbangpol), Bambang Widodo Tawekal menyampaikan, penyuluh agama berada di garda terdepan dalam pembangunan, pembinaan dan pemberdayaan umat dengan pintu dan bahasa agama. Pemkab Bogor tentunya senantiasa mendukung kiprah para penyuluh agama dan berharap IPARI dapat memperkuat sinergi dan kolaborasi dengan segenap pemangku kepentingan.
 
“Sebagai instrumen transformasi sosial yang memberikan pencerahan kepada masyarakat dalam memahami dan mengamalkan nilai-nilai agama secara moderat demi terciptanya kesalehan sosial di masyarakat,” tandas Bambang.
 
Bambang menuturkan, semoga jajaran pengurus mampu mengemban amanah untuk memberdayakan IPARI sebagai wadah aspirasi dan peningkatan kompetensi para penyuluh lintas agama serta memfasilitasi pencapaian kinerja dengan mengintegrasikan ajaran agama dengan nilai-nilai kebangsaan di tengah tantangan era globalisasi, digitalisasi dan disrupsi.
 
“Di tahun politik yang rawan eskalasi konflik, para penyuluh agama hendaknya lebih aktif dalam memberikan pemahaman kepada umat untuk menggunakan hak pilih dengan sebaik-baiknya, menghindari hoaks dan kampanye hitam untuk mencegah konflik dan perpecahan, menjaga netralitas rumah ibadah, menjaga objektivitas, sportivitas, serta senantiasa menumbuhkan semangat dan kerukunan antar umat beragama demi persatuan dan kesatuan bangsa,” kata Bambang.
 
Ia menambahkan, mewakili Pemkab Bogor mengucapkan selamat atas terbentuknya organisasi IPARI Kabupaten Bogor. Selamat bertugas pengurus IPARI Kabupaten Bogor periode 2023-2027, semoga jajaran pengurus mampu mengemban amanah untuk memberdayakan IPARI.
 
Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Bogor, Syukri Ahmad Fanani mengatakan, semoga pengurus yang baru saja dilantik bisa menjadi agen perubahan, berkarya dan berkiprah untuk Kabupaten Bogor. IPARI harus menjadi wadah aspirasi yang solutif untuk menengahi berbagai masalah yang dihadapi oleh para penyuluh agama.
 
“Di tahun politik saya berharap seluruh penyuluh agama yang terdiri dari seluruh agama bisa menjadi penjaga stabilitas kerukunan dan kondusifitas masyarakat. Karena jika masyarakat rukun, Kabupaten Bogor aman dan nyaman, maka akan tercipta persatuan dan perekonomian yang kuat sebagai modal pelaksanaan program pembangunan,” kata Syukri.
 
Syukri menghimbau penyuluh agama harus bergandeng tangan dengan Forkopimda untuk menjaga keutuhan bangsa dan negara. Segera susun program-program kerja yang dikolaborasikan dengan Pemerintah Kabupaten Bogor, KPU, Bawaslu, Forkopimda dan pemangku kepentingan lainnya.( Red )


Baca Juga