Minggu, 14 Jul 2024
Nasional

Pemerintah Desa Bojong Koneng Menggelar Acara Peringatan Isra’ Mi’raj di iringi pawai dongdang

Bajong koneng Bogor.Centralnews24//Belasan arak-arakan Dongdang meriahkan Peringatan Isra’ Mi’raj di Desa Bojong Koneng. Tradisi Dongdang, dalam bahasa Sunda, merupakan tempat membawa makanan atau barang hantaran saat hajatan (pesta) atau ada peristiwa istimewa. 

Tradisi ini masih dipertahankan oleh masyarakat Bojong Koneng, Kecamatan Babakan Madang, Kabupaten Bogor, sebagai bentuk rasa syukur kepada Maha Pencipta terhadap berlimpahnya hasil bumi (panen). Acara Peringatan Isra Mi’raj 1445 Hijriyah ini menjadi momentum hajat masyarakat yang di fasilitasi oleh Pemerintah Desa, bertempat di kantor Desa Bojong koneng, Sabtu (02/03/2024) pagi. 

Dalam sambutannya, Kepala Desa Bojong Koneng Rusdi Anwar menyampaikan, momentum peringatan Isra Mi’raj ini menjadikan kita semua menjadi manusia yang lebih baik, lebih berakhlakul kharimah sesuai dengan ajaran yang disampaikan oleh Baginda Nabi Muhammad S.A.W.

“Acara peringatan Isra’ Mi’raj ini juga dimeriahkan dengan peserta yang antusias mengikuti lomba tersebut. Lomba tersebut terdiri dari  lomba Dongdang yang sudah dilaksanakan pada awal acara. Adapun sistem perlombaan yang dilakukan mengingat banyaknya masyarakat yang sangat antusias untuk mengikuti perlombaan tersebut sehingga dibutuhkannya sistem podium untuk mempersingkat waktu,” sambungnya.

Ia memaparkan tujuan perlombaan Dongdang pada peringatan isra’ Mi’raj ini untuk meningkatkan serta mengangkat kembali budaya tradisional Sunda dan menjadikan perlombaan tersebut sebagai dasar dari kebersamaan, gotong-royong, dan kepedulian terhadap desa Bojong Koneng.

Panitia Isro mi’raj di Desa Bojong Koneng, Wildan, menambahkan dengan diadakannya peringatan Isra’ Mi’raj kali ini diharapkan agar kedepannya generasi muda Desa Bojong Koneng dapat meningkatkan kesejahteraan desa Bojong Koneng dan juga meningkatkan kembali rasa kekeluargaan dan kepedulian terhadap desa. 

Untuk diketahui, acara diawali dengan pawai dongdang atau arakan-arakan dari perwakilan rw setempat. Pawai  Arak-arakan tersebut dimulai pada pukul 08.00 pagi menuju kantor desa. Sedangkan pemenang Dongdang terbaik diraih oleh RW 06 (Juara I),

RW 03 (Juara 2), dan RW 15 (Juara 3).

Setelah arak-arakan tersebut dilanjut dengan adanya sambutan dari kepala desa Bojong Koneng bapak Rusdi Anwar. Adapun perwakilan yang menghadiri acara peringatan Isra’ Mi’raj tersebut yaitu camat Babakan Madang yang mewakili,lembaga Desa, MUI desa Bojong Koneng, bhabinkamtibmas,Babinsa,Satpol PP, RT- RW, Linmas, dan tokoh masyarakat. ( Bule )



Baca Juga