Kamis, 22 Feb 2024
Nasional

Keselamatan Terbang Nomer Satu: TNI AU Gelar Seminar Nasional Budaya Safety

Jakarta- TNI Angkatan Udara dalam hal ini Puslaiklambangjaau gelar Seminar Nasional Safety bertajuk “Strategi Pembangunan Total System in Aviation Safety Guna Mewujudkan Generative Safety Culture TNI Angkatan Udara” di Puri Ardhya Garini, Lanud Halim Perdanakusuma, Jakarta. (9/11/2023)

Kepala Staf Angkatan Udara (Kasau) Marsekal TNI Fadjar Prasetyo, S.E., M.P.P., CSFA dalam keynote speechnya yang dibacakan Wakil Kepala Staf Angkatan

(Wakasau) Marsekal Madya TNI A. Gustaf Brugman, M.Si (Han) menyampaikan bahwa safety merupakan domain yang paling fundamental dalam dunia penerbangan, untuk itu perlu di _explore_ lebih dalam lagi dan diwujudkan di lingkungan TNI Angkatan Udara.

Ditambahkan bahwa safety dalam dunia penerbangan bersifat dinamis “Bahaya dan resiko dalam penerbangan selalu ada dan senantiasa berkembang, namun selama resiko dapat dikendalikan dengan tepat, maka kondisi safety masih dapat dicapai untuk meraih zero accident” ungkap Kasau.

Kasau juga menyampaikan untuk mencapai tingkat keselamatan diperlukan pendekatan yang komprehensif dan ini adalah peran dari konsep “Total System” yakni menganggap seluruh industri penerbangan sebagai satu kesatuan

sistem dan mengintegrasikan berbagai elemen dan aspek dalam penerbangan untuk meminimalkan resiko dan di sisi lain memaksimalkan keselamatan penerbangan.

Kasau berharap seminar ini dapat menjadi sarana untuk _sharing knowledge,_ mendapatkan _lesson learnt_ dan _best practices_ dari berbagai narasumber baik dari tingkat nasional dan internasional terkait pengelolaan safety di ragam bidang dalam menerapkan dan mengelola total system di lingkungan TNI Angkatan Udara.

Sementara itu Kapuslaiklambangjaau Marsda TNI Benedictus Benny K., SH., MAvMgt., MAIR menyampaikan bahwa seminar ini diselenggarakan untuk mengetahui dan mendapatkan informasi secara langsung dari narasumber yang berkompeten mengenai penerapan total

system dalam suatu organisasi sebagai bahan masukan dalam pembangunan total system guna mewujudkan Generative Safety Culture TNI AU.

Seminar yang diikuti para Komandan Satuan jajaran TNI AU ini hadirkan narasumber Co leader Joint Working Group on safety and Airworthiness Royal Australian Air Force , Air Commodore Anthony Jones dan Head of Air Force Inspectorate Republic Singapore Air Force Colonel Nick Wong Wai.

Selain itu juga menghadirkan Vice President of Safety PT. KAI Bapak Sigit Winarto, ST serta Akademisi dari Institut Teknologi Bandung Bapak Ir. Hisar Manongam Pasaribu, M.Sc., Ph.D.

Turut hadir dalam seminar nasional ini Pangkoopsudnas Marsdya TNI M. Tonny Harjono, Dankodiklatau Marsdya TNI Ir. Tedy Rizalihadi S, sertabpara pejabat TNI AU dan instansi sipil dan swasta terkait penerbangan.

( Ilvan )



Baca Juga