Kamis, 22 Feb 2024
Nasional

Hari Sumpah Pemuda Ke-95, Momentum Bangkitkan Semangat Kolaborasi Majukan Negeri

CIBINONG-Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bogor menggelar upacara peringatan Hari Sumpah Pemuda ke-95. Hari Sumpah Pemuda tahun ini dimaknai sebagai momentum membangkitkan semangat kolaborasi memajukan negeri. Upacara dipimpin Dandim 0621 Kabupaten Bogor, Letkol Kav. Gan Gan Rusgandara, di Lapangan Tegar Beriman, Cibinong, Sabtu (28/10).

 

Peringatan Hari Sumpah Pemuda ke-95 Tahun 2023 mengusung tema “Bersama Majukan Indonesia” dengan logo yang bermakna membentuk stilasi barisan manusia yang menyimbolkan kolaborasi dan warna – warni menunjukkan keanekaragaman suku, bahasa, dan budaya. Heterogenitas tersebut sebagai sumber kekuatan dalam memajukan Indonesia.

 

Upacara diikuti unsur TNI, Polri, Pemkab Bogor, organisasi kepemudaan dan organisasi masyarakat di Kabupaten Bogor. Hadir pada acara tersebut, Sekretaris Daerah, Kepala Kejaksaan Negeri Kabupaten Bogor,  Kepala BNN Kabupaten Bogor, perwakilan Polres Bogor, perwakilan Lanud ATS, Pimpinan Bank BJB Cabang Cibinong, para kepala perangkat daerah, para Camat, Ketua Harian DPD KNPI Kabupaten Bogor, perwakilan TP PKK dan IWAPI Kabupaten Bogor.

 

Pada upacara tersebut, Dandim 0621 Kabupaten Bogor, Letkol Kav. Gan Gan Rusgandara menyampaikan sambutan Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Republik Indonesia. Dirinya mengatakan, peringatan Hari Sumpah Pemuda (HSP) mengingatkan bangsa Indonesia terhadap sejarah gotong royong seluruh elemen pemuda yang berhasil menebar semangat jiwa patriotisme sekaligus menyatukan visi kebangsaan dalam Sumpah Pemuda 1928.

 

“Yang melahirkan sebuah komitmen kebangsaan yaitu bertumpah darah satu tanah air Indonesia, berbangsa satu bangsa Indonesia, dan menjunjung bahasa persatuan bahasa Indonesia. Marilah kita jadikan momentum peringatan Hari Sumpah Pemuda ke-95 ini sebagai momentum membangkitkan semangat kolaborasi dalam memajukan negeri,” kata Letkol Kav. Gan Gan Rusgandara.

 

Ia juga menuturkan, setiap pemuda perlu mempunyai visi, misi dan peran strategis untuk 30 tahun mendatang agar pembangunan dapat berlari lebih cepat. Strategi paling ampuh adalah dengan tolong-menolong lintas generasi dan gotong royong lintas sektor, penguasaan Teknologi Informasi serta Literasi Digital oleh pemuda menjadi sesuatu yang harus diseriusi.

 

“Momen Hari Sumpah Pemuda ini, kita harus canangkan kebulatan tekad semua stakeholder baik Kementerian dan Lembaga, Pemerintah Provinsi, Pemerintah Kabupaten/Kota, Organisasi Kepemudaan, Komunitas serta elemen – elemen lain menuju pencapaian Indeks Pembangunan Pemuda (IPP),” tuturnya.

 

Selanjutnya, Ketua Harian DPD KNPI Kabupaten Bogor, Arof Akbar mengungkapkan, KNPI punya harapan besar ingin menjadikan pemuda di Kabupaten Bogor memiliki kualitas pendidikan dan SDM yang baik. Untuk mewujudkan hal tersebut, DPD KNPI Kabupaten Bogor terus bersinergi dan berkolaborasi dengan Pemkab Bogor di tingkat kabupaten, kecamatan, dan desa.

 

“Kita akan menyambut bonus demografi dan mewujudkan Indonesia emas di tahun 2024, semua harus dipersiapkan sejak hari ini. Untuk para pemuda Kabupaten Bogor, teruslah melakukan kegiatan produktif yang bermanfaat bagi masyarakat khususnya bagi para pemuda,” ungkap Arof.( Red )



Baca Juga