Rabu, 17 Apr 2024
Nasional

Gunadarma Luncurkan Perahu Listrik dan Sepeda Listrik Amfibi

Ciganjur/ Centralnews24//Inovasi Revolusioner Bagi Para Petualang Modern Kolaborasi antara Universitas Gunadarma (UG) dan Kartanagari Group kembali mempersembahkan inovasi baru berupa purwarupa perahu listrik dan sepeda listrik amfibi.

Sebuah langkah revolusioner dengan menggabungkan teknologi canggih dan kehandalan, juga komitmen terhadap keberlanjutan lingkungan.

Sebelumnya UG dan Kartanagari sudah meluncurkan Mobil Konversi Listrik pada tahun 2023. Kini di tahun 2024, dua inovasi berupa wahana air inovatif telah diluncurkan.

Peluncuran dan ujicoba dua wahana rekreasi air dilaksanakan di zona danau dan pulau di UG Technopark di Kecamatan Mande Kabupaten Cianjur.

Peluncuran inovasi terbaru dari UG tersebut dalam rangka memperingati hari air sedunia yang jatuh pada tanggal 22 Maret 2024.

Peluncuran secara resmi dilakukan oleh Rektor Universitas Gunadarma Prof. Dr. E.S. Margianti, SE, MM dihadiri tim kolaborasi UG dan Kartanagari Group yang dipimpin Dr. Tubagus Maulana Kusuma, MEngSc.
Rektor UG menamakan perahu listrik dengan UG ELBO (Electric Boat) yang menawarkan konsep solusi ramah lingkungan untuk menjelajah perairan sungai dan danau tanpa meninggalkan jejak karbon.

Direktur Utama Kartanagari Group Priyo Jatmiko menyebutkan UG ELBO dirancang dengan teknologi terbaru untuk memberikan pengalaman yang aman, nyaman, dan ramah lingkungan. Perahu menggunakan panel surya sebagai sumber listrik dan baterai lithium ferophosphate (LFP). Perahu dibekali panel surya flexible dengan kapasitas 680 watt peak; baterai LFP dengan kapasitas 4224 watt hours; dan motor listrik dengan daya 2200 watt. UG ELBO juga dibekali dengan charger 220 volt AC untuk pengisi daya baterainya.

Direktur Pemasaran Kartanagari Grup Aji Nara Kusuma menyebutkan beberapa Keunggulan UG ELBO. Pertama, navigasi perahu yang hening, sehingga pengguna dapat menikmati keheningan dan ketenangan suasana perairan tanpa gangguan seperti pada suara mesin bakar.

Kedua, ramah lingkungan dengan menggunakan energi listrik sehingga dapat mengurangi emisi karbon dan polusi udara yang merusak lingkungan.

Ketiga, kinerja mesin listrik yang handal, memastikan pelayaran yang lancar dan menyenangkan.

Untuk produk inovasi kedua, Rektor UG menamainya dengan UG AMEB (Amphibious Electric Bicycle). Menurut Prof. Margianti, UG AMEB menawarkan konsep sebuah inovasi revolusioner yang mengubah cara dunia dalam menjelajah darat dan air.

Dengan menggabungkan teknologi canggih dan kehandalan, UG AMEB menawarkan pengalaman petualangan bagi para petualang modern.

Priyo Jatmiko menambahkan UG AMEB dibekali dengan motor dynamo 500 watt dan baterai LFP kapasitas 1056 watt hours. UG AMEB juga sudah dapat di-charge dengan listrik rumahan 220 volt AC. Berbagai keunggulan UG AMEB disebutkan Aji Nara Kusuma.

Pertama, sepeda dirancang untuk menghadapi medan darat dan air secara bersamaan, yang dapat dengan mudah beralih dari jalur darat ke jalur perairan.

Kedua, UG AMEB ditenagai dengan motor dynamo listrik yang handal, menawarkan kecepatan dan daya tahan untuk petualangan yang lancar dan menyenangkan.

Ketiga, UG AMEB dibangun dengan konsep ramah lingkungan dengan menggunakan energi listrik untuk mengurangi jejak karbon dan meminimalisir dampak lingkungan.

Terakhir, Baterai menggunakan system swap sehingga dapat langsung diganti dengan baterai lain jika dibutuhkan.

Penanggung Jawab pengembangan UG Technopark Prof. Budi Hermana menambahkan UG ELBO dan UG AMEB makin melengkapi fasilitas teknologi di UG Technopark. Sesuai visi dan misi institusi, UG akan terus berkolaborasi dengan dunia industri untuk menghasilkan inovasi yang berkontribusi dalam pembangunan berkelanjutan. UG ELBO dan UG AMEB dapat merubah cara pandang mengenai wahana berpetualang yang lebih inovatif dan modern.

Selain itu juga menciptakan masa depan yang lebih hijau untuk generasi mendatang.( ifung )



Baca Juga