Minggu, 14 Jul 2024
Nasional

Dukung Wujudkan Smart Province Pemkab Bogor Ikuti Penandatanganan Komitmen Bersama Dengan Pemerintah Provinsi Jabar Serta Kabupaten/Kota se-Jabar

 
Perlu diketahui bahwa, Smart Province merupakan provinsi yang mengembangkan dan mengelola berbagai sumber daya secara efektif dan efisien untuk menyelesaikan berbagai permasalahan daerah melalui inovasi yang terpadu dan berkelanjutan untuk meningkatkan kualitas hidup masyarakat. 
Kepala Diskominfo Kabupaten Bogor, Bayu Ramawanto mengungkapkan bahwa, Smart Province itu akan terwujud apabila Smart City di Kabupaten/ Kota Provinsi Jawa Barat sudah terwujud dengan maksimal. Artinya semakin banyak Smart City maka akan mendorong percepatan terwujudnya Smart Province.
 
“Salah satunya melalui kegiatan hari ini kita menandatangani komitmen bersama dan diharapkan komitmen bersama ini jadi landasan kita juga buat provinsi mana kala provinsi akan menyalurkan kebijakan untuk merealisasikan Smart Province.  Pastinya harus melibatkan kami pemerintah kabupaten/kota yang ada di wilayah Jawa Barat,” jelas Kadiskominfo Bayu Ramawanto.
 
Lanjut Bayu menjelaskan, salah satu dukungan Pemkab Bogor untuk mendorong percepatan terwujudnya Smart Province yakni melalui konsep Smart City yang sudah dituangkan di dalam master plan yang ada di Kabupaten Bogor dan mengintegrasikannya dengan konsep Smart Province. Salah satunya melalui program kegiatan digitalisasi seperti Call Center 112, layanan masyarakat berbasis digital untuk mempermudah masyarakat dalam mendapat layanan. 
 
“Kita juga sedang merancang untuk bagaimana kita bisa mewujudkan desa digital sehingga masyarakat tingkat desa itu bisa merasakan betapa mudahnya mendapat layanan dengan dukungan digitalisasi, Nah itu salah satu bentuk Smart City. Selain itu juga kaitan layanan kesehatan itu menjadi prioritas di pemerintah Kabupaten Bogor,” bebernya.
 
Ia berharap dengan terwujudnya Smart Province dapat mendukung Smart City sehingga bentuk layanan-layanan dasar yang dibutuhkan oleh masyarakat itu bisa lebih cepat, tepat dan lebih akurat dengan mengacu pada data yang akurat.
 
“Tentunya terintegrasi dan berkolaborasi sehingga bisa mewujudkan interoperabilitas. Di mana Smart City atau Smart Province itu sebagai sebuah konser bisa mewujudkan harmonisasi yang memang dibutuhkan oleh masyarakat,” tandasnya.
 
Turut hadir mewakili Pj. Sekretaris Daerah Jawa Barat, Plh. Asisten Administrasi Umum Setda Provinsi Jawa Barat, seluruh Sekretaris Daerah Se-Jawa Barat dan Seluruh Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Se-Jawa Barat. ( Bule )


Baca Juga