Minggu, 3 Mar 2024
Nasional

Bupati Bogor Minta Kepala PD Dorong Percepatan Pembangunan di Wilayah Leuwiliang

Leuwiliang- Bupati Bogor Iwan Setiawan didampingi Ketua TP-PKK Kabupaten Bogor Halimatussadiyah Iwan hadir kembali menyapa masyarakat melalui kegiatan Bogor Keliling (Boling) atau Saba Desa kini giliran wilayah Kecamatan Leuwiliang Kabupaten Bogor, Rabu (27/9/23). Untuk mendengar langsung aspirasi masyarakat juga melihat hasil pembangunan di wilayah Kecamatan Leuwiliang.

Ada lima titik lokasi yang ditinjau langsung oleh Bupati Bogor Iwan Setiawan yakni, meresmikan jalan desa hasil pembangunan program Satu Miliar Satu Desa (Samisade) di Desa Karyasari dan mendengar langsung aspirasi masyarakat dan ekspose progress pembangunan di Kecamatan Leuwiliang. Selanjutnya Bupati Bogor memberikan bantuan pembangunan rumah akibat bencana di Desa Karacak dan diakhiri dengan kegiatan festival rakyat dan layanan masyarakat di Kantor Kecamatan Leuwiliang.

Dalam kesempatan ini, Bupati Bogor Iwan Setiawan meminta kepada para kepala Perangkat Daerah (PD) lingkup Pemkab Bogor untuk lebih optimal melakukan sinergi dalam menangani masalah kekeringan di wilayah Kecamatan Leuwiliang, terlebih leuwiliang termasuk salah satu kecamatan yang masuk dalam peta rawan bencana kekeringan. Selain mitigasi bencana, jangka pendek yang harus dilakukan selain suplai air adalah membuat toren air yang bisa digunakan untuk memenuhi kebutuhan air masyarakat untuk kegiatan dasar sehari-hari juga bisa mengairi persawahan dan perkebunan di wilayah tersebut.

“Toren air sangat penting disiapkan terutama di tempat strategis sehingga bisa dimanfaatkan oleh masyarakat dalam memenuhi kebutuhan air sehingga masyarakat tidak perlu menelpon Damkar maupun BPBD, air bisa tersedia dengan toren yang ada,” tegas Bupati Bogor.

Ia juga meminta Kepala PD untuk sinergi mendorong percepatan pembangunan di wilayah Kecamatan Leuwiliang sesuai tugas dan fungsinya masing-masing guna meningkatkan pelayanan kepada masyarakat. Antara lain, pembangunan Gelanggang Olahraga Masyarakat (GOM) Kecamatan Leuwiliang, rehab gedung desa, optimalisasi pembangunan infrastruktur desa melalui program Samisade dan lainnya. Serta mempercepat implementasi pemberian jaminan kesehatan melalui BPJS Ketenagakerjaan bagi RT dan RW di wilayah Kecamatan Leuwiliang.

“Ini harus segera terwujud sebagai hadiah di akhir kepemimpinan saya, yang hanya tersisa 3 bulan lagi,” imbuhnya.

Di tempat yang sama, Plt. Camat leuwiliang, Pelitawan menyampaikan terimakasih kepada Bupati Bogor Iwan Setiawan yang telah hadir meninjau langsung hasil pembangunan dan pemberian bantuan penanganan masalah kekeringan yang sangat optimal kepada warga terdampak kekeringan.

“Alhamdulilah bantuan toren air sudah diberikan oleh Pemkab Bogor di lima desa yakni Desa Pabangbon, Purasari, Karacak, Leuwimekar dan Barengkok yang secara simbolis bantuan telah diberikan langsung oleh Bupati Bogor. Kami juga apresiasi program Samisade akan digulirkan kembali pada 2024 karena memberikan banyak manfaat bagi masyarakat dan pembangunan desa di wilayah kami,” ujarnya. ( Bule )



Baca Juga